Kodam Jaya Gelar Latihan Pengamanan VVIP

0

Condet – Kodam Jaya menggelar latihan pengamanan bagi VVIP, dimulai pengarahan dari Kolonel Inf. Handoko (Kabaglat Rindam Jaya) selaku Kawasdal Latihan di Rindam Jaya/Jayakarta, di Jl. Raya Condet, Jakarta Timur, Jumat (13/04/2018).

Peserta pelatihan tidak hanya menerima materi teori saja namun akan melakukan aplikasi langsung ke lapangan seperti di Bandara Halim Perdana Kusuma, Stadion GBK Senayan, Pantai Mutiara dan tempat strategis lainnya sampai dengan 19 April 2018.

Komandan Kodim 0506/Tangerang Letkol Inf. Gogor membekali peserta dengan materi dan berbagi pengalaman tugas. Menurut Gogor, “Sebagai Satuan Komando Kewilayahan, Kodam Jaya tak pernah luput dari tugas dan kegiatan Pengamanan VVIP, dilakukan siang ataupun malam setiap hari di sepanjang tahun,” jelasnya di hadapan ratusan peserta.

Jakarta merupakan tempat tinggal Presiden RI dan Wakil Presiden, Jakarta juga merupakan tempat beraktifitas dan transit bagi para Tamu Negara, Pejabat Negara dan para Petinggi dari tiap-tiap Institusi Pemerintah. Khusus dalam tugas mengamankan RI 1 dan RI 2, tugas pengamanan ini sudah sesuai dengan UUD No. 34, tertera pada Pasal 7 Ayat 2 tentang Tugas Pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang.

“Sejalan dengan hal tersebut, meskipun sudah sering dan dalam waktu yang lama kita terlibat melaksanakan Pam VVIP, tetap saja harus dianggap sebagai ‘operasi baru’. Jangan beranggapan pekerjaan ini hanya rutinitas belaka, karena hari, waktu, tempat dan objeknya selalu berbeda, dan ingat tidak ada pengulangan bila terjadi kesalahan ataupun kejadian yang mengancam keselamatan dari objek yang kita amankan,” tegas mantan Danden Pampri Presiden Jokowi tersebut.

Lebih lanjut secara estafet dan berurutan, hingga sore hari tadi para peserta latihan menerima sejumlah materi lainnya dari Mayor Inf Habli Aufa (Wadan Yonif Mekanis 201/JY), kemudian dari Mayor Inf Sisriyanto (Pasi Ops Korem 051/Wkt) dan Letkol Ckm dr. Agus Saptiady, Sp. An (Kesdam Jaya), diakhiri oleh Lettu Czi Sefanye Banik yang sehari-harinya bertugas sebagai Danton Jihandak Denzipur 3/ATD Kodam Jaya. (ferry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here