Kepala Bakamla Beri Kuliah Umum di FHUI

0
Depok – Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. memberi kuliah umum kepada seluruh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI), di ruang Audiotorium Fakultas Hukum UI, Depok, Kamis (12/04/2018).
Kedatangan Kepala Bakamla RI diterima langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Prof. Melda Kamil Ariadno, S.H., LL.M., Ph.D. didampingi Ketua Indonesia Maritime Center Dr. Sunaryo dan disaksikan oleh 300 mahasiswa Fakultas Hukum UI.
Kuliah umum yang disampaikan Kepala Bakamla RI mengulas secara komprehensif mengenai implementasi penegakan hukum di laut dan menjelaskan peran Bakamla RI sebagai lembaga pemerintah non-kementerian yang terbilang masih baru. Tidak lupa, pimpinan tertinggi Bakamla RI ini turut memberikan penjelasan terkait sistem penegakan hukum laut di Indonesia, dan implementasi hukum kemaritiman di Indonesia, beserta permasalahan terkini yang dihadapi.
Kepala Bakamla RI menyampaikan pula bahwa penegakan hukum di laut harus memadukan antara pencegahan dan penindakan, karena di dalam tindak pencegahan juga terkandung unsur pembinaan. Sebelum menutup kuliah umum, pejabat tinggi (Pati) berbintang tiga ini juga mengatakan bahwa kejahatan di laut pada dasarnya terbentuk melalui banyak pintu alias terorganisir. Oleh karena itu, sinergitas instansi yang memiliki kapabilitas di laut adalah mutlak adanya.
Mahasiswa peserta kuliah umum memanfaatkan sesi tanya jawab ini dengan maksimal. Terbukti pertanyaan yang dilontarkan cukup kritis dan mendetail.
Kegiatan ini turut dihadiri Deputi Informasi, Hukum, dan Kerja Sama Irjen Pol Dr. Abdul Gofur, Drs., M.M., dan Deputi Kebijakan dan Strategi Irjen Pol Arifin, M.H. (ferry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here