Kodim Sorong Beri Penyuluhan Bela Negara Kepada Warga Sailala

  • Whatsapp

Sorong – Satgas TMMD ke-101 Kodim 1704/Sorong melaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan Bela Negara kepada warga kampung Sailala Distrik Sayosa Timur, Kabupaten Sorong, Selasa (10/04/2018).

Kapten Inf Muchlison Efendi S.H., mengatakan, materi bela negara sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran bela negara dan cinta tanah air, karena bangsa ini direbut dengan berjuang dari tangan penjajah.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Membela negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa diwujudkan dengan cara lain seperti diplomasi yang dilakukan untuk meng-counter issu-issu negatif tentang NKRI dan sebagainya. Sesungguhnya esensi bela Negara di Indonesia sudah dilakukan ketika kita masih mengenal istilah Hansip atau pertahanan sipil, yang faktanya waktu itu tidaklah segarang namanya pertahanan sipil,” ujar Kapten Inf Muchlison Efendi.

Dia juga menegaskan bahwa cinta tanah air diwujudkan dengan memelihara dan melestarikan lingkungan, senantiasa menjaga nama baik dan mengharumkan nama bangsa, sadar berbangsa dan bernegara serta membina kerukunan, mencintai budaya bangsa dan produk dalam negeri, dan mengakui serta menghargai lagu kebangsaan, bendera dan bahasa Negara yaitu bahasa Indonesia.

Sementara itu Kepala Kampung Sailala Yakonias Malamuk menambahkan, warga menjadi paham akan arti bela negara dan menumbuhkan sikap patriotisme.

“Antusiasme masyarakat dalam mengikuti penyuluhan, masyarakat mendapatkan banyak pemahaman akan bela negara yang akan menumbuhkan sikap patirotisme dalam masyarakat di kehidupan sehari-hari. Masyarakat sailala juga menjadi lebih paham akan hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara Indonesia bukan hanya melalui perang, tetapi juga melalui pembentukan sikap dan mental patriotisme,” pungkasnya. (ferry)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *