Maybank Bersama Bekraf Luncurkan Kartu ATM/Debit Berlogo Nasional

Jenny Wiriyanto, Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia (kanan) berbincang dengan Pungky P Wibowo, Kepala Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia (tengah) serta Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) seusai peluncuran Kartu ATM/Debit Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di kantor pusat Maybank Indonesia, Senayan Jakarta (29/3). Photo: TOPIK/Adang
banner 468x60

Jakarta – PT Bank Maybank Indonesia Tbk resmi meluncurkan Kartu ATM/Debit berlogo Nasional pada Kamis (29/3/2018) di kantor pusat Maybank Indonesia, Senayan, Jakarta. Peluncuran tersebut dilakukan secara simbolis dengan disaksikan oleh Kepala Departemen Elektronifikasi Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia Pungky P. Wibowo dan Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fadjar Hutomo.  Peluncuran kartu berlogo ini sebagai salah satu tanda bahwa gerbang pembayaran nasional sudah mulai resmi digunakan sebagai gerbang pembayaran transaksi salam negeri.

Dengan peluncuran Kartu ATM/Debit berlogo Nasional ini, Maybank Indonesia juga memberikan kesempatan kepada 16,4 juta pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia untuk mendapatkan manfaat dari kartu ATM/Debit berlogo Nasional guna mendukung pengembangan usaha secara optimal. Sebelumnya pada akhir Desember 2017, gerbang pembayaran nasional sudah resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI).

Jenny Wiriyanto, Direktur Community Financial Services Maybank menjelaskan, sebenarnya transaksi dalam negeri sudah menggunakan GPN dari awal tahun 2018. Hanya saja, untuk penyematan logo GPN pada kartu debit baru resmi diluncurkan saat ini.

“Kartu ATM/Debit Maybank yang berlogo Nasional ini dapat dipergunakan di semua mesin EDC (Electronic Data Capture) di seluruh Indonesia yang telah memenuhi ketentuan GPN, dan saat ini merupakan yang pertama dapat dipergunakan untuk melakukan transaksi e-commerce dengan jaringan domestik. Sehingga pelaku ekonomi kreatif dapat menikmati biaya transaksi yang kompetitif,” kata Jenny Wiriyanto.

Kepala Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia Pungki P Wibowo mengatakan Maybank Indonesia merupakan bank swasta pertama yang menyantumkan logo GPN di kartu ATM/debit.

“Ini sangat bagus dalam hal integritas nasional, kita mempunyai Gerbang Pembayaran Nasional untuk pembayaran yang aman, efisien dan lancar,” katanya.

Peluncuran kartu ATM/Debit Maybank Indonesia berlogo GPN juga bersamaan dengan penandatanganan kemitraan strategis dengan Bekraf. Penandatanganan nota kesepahaman kemitraan strategis dilakukan oleh Jenny Wiriyanto, Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia bersama Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Jenny Wiriyanto, Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia bersama Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan penandatanganan nota kesepahaman kemitraan strategis, disaksikan oleh Pungky P Wibowo, Kepala Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia serta Komisaris Maybank Indonesia Budhi Dyah Sitawati di Jakarta (29/3/2018). Photo: TOPIK/Adang

Menurut Jenny, Maybank Indonesia mendukung kegiatan yang dilakukan Bekraf dalam memasarkan produk/jasa pelaku usaha ekonomi kreatif diantaranya pengadaan mesin EDC yang terintegrasi dengan GPN kepada para pelaku usaha ekonomi kreatif untuk pemrosesan transaksi perbankan dalam pengembangan dan pemasaran usaha.

“Pelaku ekonomi kreatif diberikan kemudahan untuk  membuka rekening secara online dan menikmati feature layanan sesuai dengan kebutuhan pelaku bisnis dalam jaringan  Bekraf termasuk diantaranya aplikasi pengelolaan keuangan berbayar untuk memudahkan transaksi harian,” lanjut Jenny.

Sementara itu Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fadjar Hutomo mengatakan dengan kerjasama ini, pelaku ekonomi kreatif jaringan Bekraf berpeluang mengakses layanan produk dan jasa perbankan konvensional maupun syariah Maybank Indonesia, sebagai salah satu sumber pembiayaan perbankan untuk mengembangkan usaha pelaku ekonomi kreatif sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Bekraf juga beharap pihak Maybank Indonesia memberikan edukasi dalam bentuk sosialisasi terkait perbankan kepada pelaku ekonomi kreatif jaringan Bekraf.

“Deputi Akses Permodalan Bekraf memfasilitasi pelaku ekraf untuk mengakses permodalan perbankan dan non perbankan. Kerjasama dengan Maybank Indonesia ini adalah bentuk konkret Bekraf menggandeng perbankan untuk menyalurkan produk dan jasanya kepada  pelaku ekonomi kreatif,” ungkap Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo.

Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) disaksikan oleh Jenny Wiriyanto, Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia (kanan) dan Komisaris Maybank Indonesia Budhi Dyah Sitawati (tengah) melakukan  transaksi pembayaran di booth Kopikkon (Koperasi Ikon)  menggunakan kartu ATM/Debit Maybank Indonesia berlogo GPN. Photo: TOPIK/Adang

Kartu ATM/Debit tersebut langsung diuji coba untuk melakukan transaksi pembayaran di booth Kopikkon (Koperasi Ikon) yang merupakan binaan Bekraf selama berlangsungnya Maybank Fair, 27-29 Maret 2018 di lantai 28, Sentral Senayan, Jakarta. [Adang]

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *