Satgas MTF TNI Latihan Mail Bag Transfer di Laut Mediterania

Lebanon – Prajurit TNI yang tergabung dalam  Satuan Tugas Maritime Task Force (Satgas MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J/Unifil (United Nations Interm Force in Lebanon)  menggunakan KRI Usman Harun-359 jenis Kapal Perang Multi Role Light Frigate (MRLF)  melaksanakan latihan Mail Bag Transfer (MBT)  dengan Kapal Perang Brazil BRS Independencia, di Laut Mediterania, Selasa (20/3/2018).
 
Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifil Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H., M.Si. yang sekaligus Komandan KRI Usman Harun-359  mengatakan, Mail Bag Transfer (MBT)  dilaksanakan dalam rangka latihan kegiatan  Replenishment At Sea (pembekalan di laut) yang dilaksanakan oleh dua kapal atau lebih. Salah satu unsurnya kapal berperan sebagai Delivering Ship atau kapal pemberi dan unsur yang lain sebagai Receiving Ship atau kapal penerima,” ucapnya.
 
Kegiatan latihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan perbekalan bagi unsur kapal yang membutuhkan dukungan logistik atau bahan cair di laut dan kapal dapat tetap melaksanakan tugas di laut tanpa harus kembali ke pangkalan,  kata Kolonel Laut (P) Alan Dahlan.
 
Dia juga mengatakan, kegiatan personel LAF Navy di KRI Usman Harun-359 sebagai salah satu tugas pokok MTF UNIFIL untuk melatih LAF Navy agar dapat melaksanakan operasi keamanan maritim di wilayah laut teritorialnya dan melaksanakan  Maritime Interm Operation (MIO) di perairan Lebanon. 
 
Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifil Kolonel Laut (P) Alan Dahlan mengapresiasi kegiatan latihan bersama dengan Kapal Perang Brazil dan melatih personel LAF Navy dapat terlaksana secara bersamaan dengan baik. Latihan ini dapat mempererat hubungan diplomasi Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Brazil dan Lebanon,” pungkasnya. (ferry)
banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *