Usul Kenaikan Pangkat, Yonif Mekanis 203/AK Siapkan Fisik Anggotanya

Kodam Jaya – Usul Kenaikan Pangkat (UKP) di jajaran TNI Angkatan Darat, wajib mengikuti tes kesegaran jasmani dan renang militer. Dua hal itu merupakan syarat mutlak bagi prajurit TNI AD baik yang berpangkat Perwira, Bintara dan Tamtama, yang akan melaksanakan UKP.

Sebanyak 65 anggota Yonif Mekanis 203/AK mengikuti kegiatan tes kesegaran jasmani UKP periode 01-10-2018 meliputi samapta A (Lari 3200 M), samapta B (Pull Up, Shit Up, Push Up dan Shuttle Run) dan renang militer sepanjang 50 Meter di Lapangan Sawindu Yonif Mekanis 203/AK, Senin (26/02/2018).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Sebelum Kesegaran Jasmani dilaksanakan, Pasi-2/Ops Yonif Mekanis 203/AK Lettu Inf Rio Justin menekankan agar memperhatikan faktor keamanan dalam pelaksanaan kegiatan. Anggota yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani diperiksa tekanan darahnya/tensi sebagai persyaratan kelayakan melakukan rangkaian kegiatan tes kesegaran jasmani. Apabila tidak memenuhi persyaratan maka anggota diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan tes keesokan harinya.

Pasi-2/Ops Yonif Mekanis 203/AK Lettu Inf Rio Justin menyampaikan bahwa tes ini sebagai bahan untuk data awal pada tes UKP sebenarnya yang akan dilaksanakan ditingkat Brigade dan tingkat Kodam Jaya/Jayakarta . “Kami tidak ingin anggota gagal dalam kenaikan pangkatnya karena ketidaksiapan mereka mengikuti rangkaian tes kesegaran jasmani. Ini sebagai data awal sehingga kami dapat melatih anggota yang belum mencapai nilai standar yang ditentukan,” jelasnya.

Pelaksanaan tes renang militer dilaksanakan menggunakan pakain PDL akan dilaksanakan pada siang harinya di kolam renang STIP Dirgantara Curug Kabupaten Tangerang. Tes kesegaran Uji Kenaikan Pangkat (UKP) diawasi juga oleh Pasi-3/Pers dan para Danki Yonif Mekanis 203/AK agar para Danki mengetahui kemampuan anggota Kompinya masing-masing. (ferry)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *