Kodim 0503/JB Beri Pelatihan Bercocok Tanam Hidroponik dan Aquaponik

Kodam Jaya-Jakarta Barat. Jajaran Kodim 0503/Jakarta Barat sudah lama mengembangkan tanaman dengan sistem hidroponik dan aquaponik sejak Juni 2017 tahun lalu dengan memanfaatkan lahan kosong yang tepat berada disamping kanan kantor Kodim, yang sering disebut juga Rumah Pangan Lestari.

Pengembangan tanaman hidroponik dan aquaponik tersebut hasilnya dimanfaatkan untuk kebutuhan anggota dan tidak diperjualbelikan. Budidaya tanaman dengan metode hidroponik tidak membutuhkan lahan luas. Selain itu tidak membutuhkan tenaga fisik yang berat.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Setiap bulan Kodim 0503/JB juga menerima kunjungan pelajar dari sejumlah sekolah serta warga masyarakat umum yang ingin mendapatkan pengetahuan terkait bercocok tanam dengan sistem hidroponik dan aquaponik. Upaya penanaman itu menjadikan Kodim 0503/JB sebagai pionir dari Kodim lainnya di Ibukota.

“Lahan ini kami manfaatkan dengan sistem hidroponik, untuk jenis sayuran seperti bayam, selada dan kailan, yang di mulai proses penyemaian hingga panen antara 21 hingga 35 hari, jadi tidak sulit dan tidak memakan waktu lama,” ujar Dandim 0503/JB Letkol Kav Andre Hendry Masengi didampingi Pasiter Kapten Kav Dwi Joko Purnomo di Jakarta, Sabtu (24/2/2028)

“Pelajar dari berbagai sekolah hampir setiap bulan antusias datang mengunjungi Kodim untuk belajar dari awal proses tanaman dengan pola hidroponik dan aquaponik, juga kami dikunjungi warga masyarakat di sejumlah wilayah di Jakarta Barat,” ungkap Letkol Kav Andre Henry Masengi.

Dia juga sangat mengapresiasi inovasi keinginan para pelajar dan siap membantu untuk mengembangkan budidaya tanaman. “Kami akan ikut membantu membimbing untuk mengembangkan budidaya tanaman dengan metode hidroponik,” pungkasnya. (ferry)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *