MA Batalkan Biaya Pengesahan STNK, Ditlantas Polda Metro Jaya Dukung Keputusan Tersebut

Jakarta – Berdasarkan keputusan MA yang dikutip dari laman resmi, membatalkan biaya pengesahan STNK. Keputusan ini tertuang dalam Putusan MA Nomor 12 P/HUM/2017, yang memeriksa dan mengadili perkara permohonan keberatan hak uji materiil yang diajukan oleh Moh. Noval Ibrohim Salim.

Dengan keputusan tersebut, MA menyebut lampiran Nomor E angka 1 dan 2 dalam PP itu bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi, pasal 73 ayat 5 UU Nomor 3 Tahun 2014.

Sementara itu, penggugat menganggap biaya tersebut ada pungutan ganda, karena selain membayar pajak kendaraan, pemilik juga dikenakan penerimaan negara bukan pajak (PNPB) STNK.

Selain itu, berdasarkan keputusan tesebut MA juga meminta Presiden Republik Indonesia (RI) untuk mencabut biaya pengesahan STNK tersebut, yang tertuang dalam PP yang telah disebutkan sebelumnya.

Terhadap putusan MA tersebut, Kasubdit Regident Polda Metro Jaya AKBP Sumardji mengatakan, Drektorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya selalu mendukung kebijakan pemerintah.

“Polri khususnya Ditlantas Polda Metro Jaya siap mendukung kebijakan pemerintah terhadap putusan pembatalan aturan tersebut, kami akan terus berkomitmen memenuhi kebutuhan masyarakat akan kemudahan pelayanan publik dlm rangka mewujudkan Pelayanan Prima,” ujar AKBP Sumardji kepada TOPIK, Jumat (23/2/2018).

Salah seorang pemilik kendaraan yang dihubungi menambahkan, sangat senang akan kebijakan tersebut. “Karena meringankan beban saat pembayaran pajak kendaraan,” ujar Nugraha, di Polda Metro Jaya. (ferry)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *