Bupati Taput Resmikan Jalan Letkol Hulman Sipahutar SH

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan(kedua dari kiri) bersama putra sulung almarhum Letkol Hulman Sipahutar, Laksda (Purn) Halomoan Sipahutar (tengah) saat meresmikan jalan kabupaten yang dinamai Jalan Letkol Hulman Sipahutar.

Tarutung – Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan meresmikan ruas jalan kabupaten yang dinamakan Jalan Letkol Hulman Sipahutar SH di Kecamatan Adian Koting, Tapanuli Utara, Sabtu (30/12) sore.

Peresmian jalan ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Nikson dan disaksikan oleh putra sulung almarhum Letkol Hulman Sipahutar, Laksamana Muda (Purn) Halomoan Sipahutar beserta istri, Linda Maria Martens.

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, menandatangani prasasti peresmian Jalan Letkol Hulman Sipahutar.

Pemberian nama jalan kabupaten ini adalah bentuk penghargaan dan apreasiasi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara atas jasa  perjuangan Letkol Hulman Sipahutar dalam mempertahankan kemerdekaan RI di Sumatera Utara.

Letkol Hulman Sipahutar dilahirkan di Huta Banuadji, Tarutung, pada 22 Januari 1928. Keterlibatannya secara aktif dalam sejumlah  pertempuran melawan penjajah di Sumatera Utara juga membuatnya dianugerahi beberapa penghargaan dari Pemerintah RI. Salah satunya adalah penghargaan Bintang Gerilya.

Pada tahun 1992, Letnan Kolonel Hulman Sipahutar mendapat gelar Kehormatan Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia dari pemerintah. Pemberian gelar ini berdasarkan Surat Keputusan Departemen Pertahanan Keamanan Nomor: Skep/607/VI/1992 dan ditandangani  Menteri Pertahanan Keamanan RI, L.B. Moerdani pada tanggal 3 Juni 1992.

Enam tahun setelah menerima gelar veteran dari Pemerintah RI Letkol Hulman Sipahutar mangkat. Jasadnya dikebumikan secara militer di TMP Kalibata pada 8 Agustus 1998.

Salah satu keturunan Letkol Hulman Sipahutar yang turut memilih berkarier di dunia militer adalah putra sulungnya, Halomoan Sipahutar. Lulusan terbaik AAL dan peraih Adhi Makayasa tahun 1982 itu menutup pengabdiannya di TNI dengan jabatan terakhir sebagai Staf Ahli Bidang Ketahanan Nasional Kemenko Polhukam. (adang)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *