Sertijab Dansatgas Indobatt di Lebanon

Topikonline.co.id, Lebanon – Deputy Force Commander (DFC) Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) Majour General Shivaram Kharel, beberapa waktu lalu memimpin serah terima jabatan (sertijab) Komandan Satgas Indonesian Battalion (Dansatgas Indobatt) Konga XXIII/K-Unifil Letkol Inf Yudi Gumilar, S.pd kepada Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P. sebagai Dansatgas 2017-2018 dalam suatu upacara TOA (Transfer of Authority), bertempat di Rubb Hall Unifil HQ Naqoura, Lebanon.

Sertijab Dansatgas Indobatt Konga XXIII-K/Unifil Letkol Inf Yudi Gumilar, S.pd kepada Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.I.P. ditandai dengan penyerahan Pataka dan Tongkat Komando, dan dilaksanakan bersamaan dengan satuan tugas lainnya yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda Unifil 2016-2017.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Mengawali sambutannya, DFC Unifil Majour General Shivaram Kharel mengucapkan banyak terimakasih kepada Letkol Inf Yudi Gumilar S.pd dan seluruh anggota Satgas Indobatt Konga XXIII-K/Unifil yang telah banyak berkontribusi dalam tugas misi perdamaian di Lebanon, dan selamat datang kepada Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.I.P sebagai Dansatgas Indobatt yang baru.

“Kami percaya Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil di bawah pimpinan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.I.P. akan mampu berbuat lebih baik lagi selama menjalankan tugas di daerah misi ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Majour General Shivaram Kharel selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa atas nama Unifil secara umum mengapresiasi profesionalitas Kontingen Garuda  dan Indonesian Battalion khususnya, yang keberadaannya dirasakan langsung oleh masyarakat Lebanon.

Dengan selesainya sertijab tersebut, maka otoritas kendali operasional Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil akan bertugas mengontrol wilayah tanggung jawabnya (Area of Resposibility/AOR) di Lebanon Selatan seluas kurang lebih 112 Km, antara lain meliputi wilayah Adshit Alqusayr, Al Qantara, Ghandhuriyah, Az Ziqiyah, Deir Siriane, El Adesse, Rabbat Talame, Markaba, Tallusa, dan Houla.

Sementara itu, Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P. menyampaikan bahwa menjadi perwakilan negara dalam suatu Peace Keeping Operation tidaklah mudah, namun sejalan dengan motto ‘Garuda Hebat’, kami akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan, profesionalisme serta disiplin sebagai modal dalam pelaksanaan setiap tugas serta menunjukkan moril dan etika yang santun khas Indonesia untuk menarik simpati masyarakat setempat. “Inilah modal kami agar bisa menjaga citra Indonesia pada umumnya dan TNI pada khususnya,” katanya usai melaksanakan kegiatan TOA.

Bagi Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.I.P, penugasan misi ke Lebanon bukan kali yang pertama dan sudah tidak asing lagi. Pada tahun 2009-2010, beliau pernah bertugas disana dan tergabung dalam Satgas Indobatt Konga XXIII-D/Unifil, dimana saat itu Letkol Inf Arfan berpangkat Kapten dan menjabat sebagai Kasiops Satgas. (ferry)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *