Pangdam Jaya Pimpin Upacara Hari Juang Kartika 2017

banner 468x60

Tangerang  Kodam Jaya/Jayakarta memperingati Hari Juang Kartika dengan melaksanakan upacara militer yang dipimpin langsung oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Jaswandi, di Lapangan Alun-Alun Kota Tangerang, Banten, Jumat (15/12/2017). Peringatan tahun ini mengambil “MANUNGGAL DENGAN RAKYAT, TNI AD KUAT”.

“Palagan Ambarawa adalah simbol kemanunggalan TNI AD dan rakyat Indonesia. Hubungan antara TNI AD dan rakyat bukanlah sebatas hubungan profesionalitas belaka, namun lebih dari itu, TNI AD memiliki hubungan biologis dengan rakyat Indonesia karena dilahirkan dari rakyat sehingga senantiasa membela dan memperjuangkan kepentingan rakyat.
Sebaliknya, rakyat adalah pendukung dan penguat perjuangan TNI AD dalam setiap tugas yang diemban,” ujar Pangdam Jaya saat membacakan amanat Kasad Jenderal TNI Mulyono.

Muat Lebih

banner 300250

Dia juga mengatakan, selaras dengan Visi Nawacita Presiden Joko Widodo, membangun Indonesia dari pinggiran dengan mengutamakan pembangunan daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T), serta sesuai dengan Delapan Wajib TNI, maka TNI AD telah berkomitmen untuk membantu tugas-tugas pemerintah serta meringankan kesulitan rakyat, yang dilaksanakan melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Sebagai salah satu wujud komitmen tersebut, pada tahun 2015, TNI AD telah membantu Kementerian Pertanian dalam melaksanakan Program Ketahanan Pangan. Berkat kerja keras dan sinergitas antara institusi termasuk rakyat, Indonesia telah kembali berhasil mencapai swasembada beberapa komoditi pangan, antara lain beras, jagung, cabe dan bawang merah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dia mengungkapkan, untuk mendukung program pemerintah dan kepentingan rakyat Indonesia, TNI AD berkomitmen menindaklanjuti kerjasama TNI dengan 24 kementerian dan lembaga pemerintahan. “TNI AD tentunya akan melaksanakan amanah ini dengan sepenuh hati dan sebaik-baiknya tanpa mengabaikan kesiapsiagaan operasional satuan,” katanya.

Untuk menambah makna peringatan ini, TNI AD juga melaksanakan acara syukuran, ziarah dan Lomba Lari 10 KM yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Kodam dan melibatkan 67.328 orang dari berbagai kalangan.

Selain itu, dilaksanakan pula berbagai kegiatan bakti sosial seperti pemberian Sembako sejumlah 27.152 paket, santunan kepada 2.976 orang Veteran dan Warakawuri, donor darah sejumlah 20.460 orang, khitanan massal sejumlah 2.486 orang, operasi bibir sumbing sejumlah 247 orang, operasi katarak sejumlah 2.668 orang dan pengobatan massal sejumlah 19.262 orang.

Dibidang karya bakti, telah dilaksanakan penanaman 149.490 pohon di seluruh wilayah. Kegiatan-kegiatan itu diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Letkol Inf Triyono yang sehari-hari menjabat Danyon 203/AK. (ferry)

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *