SEMPU Road Safety Campaign, Kontribusi Prajurit TNI Tekan Kecelakaan di Medan Operasi

0

Lebanon – Sector East Military Police Unit (SEMPU) Road Safety Campaign (RSC) merupakan salah satu kontibusi Prajurit TNI dalam membantu menekan kecelakaan penjaga perdamaian di medan operasi.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Military Police Unit (MPU) Konga XXV-K/UNIFIL yang juga sekaligus sebagai Komandan SEMPU, Letkol CPM Sony Yusdarmoko, S.H., M.Si (Han)., dalam rilis tertulisnya di Lebanon Selatan, Jumat (31/5/2019).

“Turut berkampanye keselamatan berlalu lintas berarti turut berkontribusi untuk menyelamatkan nyawa manusia,” katanya.

Diungkapkan Sony, kampanye keselamatan berlalu lintas atau Road Safety Campaign (RSC) ini merupakan kegiatan keduanya di tahun ini yang dilaksanakan pada triwulan II tepatnya pada 21-24 Mei 2019 di wilayah Sektor Timur, Lebanon Selatan.

“SCR merupakan program inisiatif SEMPU yang dilaksanakan setiap triwulan dalam satu tahun penugasan,” tuturnya.

Sony mengatakan bahwa tujuan dari kampanye ini adalah untuk memberikan wawasan kepada seluruh personel UNIFIL tentang aturan dan pentingnya tertib berlalu lintas guna menghindari segala bentuk pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“(RSC) ini penting bagi seluruh personel UNIFIL agar tertib berlalu lintas sekaligus menekan kecelakaan,” ujarnya.

Dijelaskan Sony, pada kegiatan RSC kali ini bertepatan dengan adanya program Road Safety Awareness yang digalakkan oleh UNIFIL Road Safety Committee, yang bekerjasama dengan UNIFIL Transport Section dan UNIFIL Office of Force Provost Marshall.

“RSC yang digelar kemarin (tanggal 21-24 Mei) sekaligus sejalan dengan adanya program Road Safety Awareness (RSA) yang dilaksanakan oleh UNIFIL Road Safety Committee,” ujar Letkol Cpm Sony Yusdarmoko.

Lebih lanjut Sony memaparkan bahwa, kegiatan RSC ini sendiri dilakukan dengan mendatangi setiap kontingen atau unit yang ada di jajaran Sektor Timur untuk memberikan penjelasan tentang keselamatan berlalu lintas, membagikan brosur tentang keselamatan berlalu lintas kepada peserta yang hadir.

Melalui dua perwiranya yakni Kapten Cpm Andri Prastio sebagai koodinator dan OIC Traffic, Letda Cpm Mario J Irawan secara bersamaan menggelar presentasi kepada seluruh unit jajaran Sektor Timur, diantaranya ke kontingen India, Spanyol, Indonesia, Serbia dan Nepal.

“Dua perwira SEMPU kita kirim untuk sosialisasi petingnya keselamatan berlalu lintas,” imbuhnya.

Selain dengan presentasi, kata Sony, SEMPU juga melaksanakan kampanye saat melaksanakan Road Check Point atau Pos Penegakan/Pemeriksaan lalu lintas dengan memberikan peringatan serta membagikan brosur tentang keselamatan berlalu lintas.

“Anggota kita juga bagi-bagi brosur kepada pengendara yang melintasi Check Point atau Pos pemeriksaan,” tambahnya.

Selanjutnya Letkol Cpm Sony menyampaikan bahwa keselamatan berlalu lintas menjadi perhatian dari PBB, karena salah satu penyumbang terbesar kematian generasi muda adalah kecelakaan lalu lintas.

“PBB mencatat 1,2 juta korban jiwa per tahun akibat kecelakaan lalu lintas dan mayoritas pada usia remaja/generasi muda,” terangnya.

Ia pun berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat meminimalisir atau menekan angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas, khususnya di Lebanon Selatan yang menjadi sektor tanggung jawabnya. ferry/Dispenad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here