Kedua Nenek Ini Bantu Satgas TNI-Polri di Jati Sari

0

Jati Asih – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke-104 wilayah Kodim 0507/Bekasi dengan sasaran fisik pengerjaan jalan dan renovasi rumah warga, dilakukan dengan tenaga kerjasama TNI-Polri dengan warga di kelurahan Jati Sari, kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, selama satu bulan. Sejak 26 Februari hingga 27 Maret nanti.

Warga di RT 001/RW 05 Kampung Cakung, tempat pelaksanaan TMMD tersebut dengan suka cita menyambutnya. Seperti halnya yang dilakukan kedua nenek ini, Nenek Sawiyah dan Nenek Wiwik, dengan semangat menyiapkan kebutuhan anggota satgas dalam hal logistik, masak-memasak.

Jarum jam menunjukkan tepat pukul 11.30 WIB, saat Nenek Sawiyah dan Nenek Wiwik mengaduk nasi yang baru tanak, untuk dihidangkan di tempat nasi. Lauk-pauk Telur Balado, Tumis Pare, Mi Goreng dan Sayur Singkong Tahu pun sudah siap dihidangkan di meja makan yang terletak di teras rumahnya, untuk makan siang personel Satgas.

“Kita masak di sini untuk makan bapak tentara yang lagi kerja bakti di kampung kita. Sehari tiga kali kita masak buat makan pagi, siang sama malam,” ujar Nenek Wiwik, di rumahnya, Kamis (28/02).

Sementara itu, Nenek Sawiyah menambahkan, untuk sarapan pagi, ia beserta Nenek Wiwik, dibantu tiga ibu-ibu lainnya sudah masak dari jam 4 pagi hingga selesai dan siap untuk sarapan sekitar jam 6 pagi.

“Jadi kalau pagi itu sarapannya enggak dimari, tapi dianterin ke tempat mereka (personel Satgas TMMD) nginap. Keliling dah tuh yang bagian nganter si Jamal ke tempat-tempat tentara pada nginap,” jelasnya.

Sedangkan untuk makan siang, biasanya Nenek Sawiyah dan Nenek Wiwik mulai masak jam 10 pagi dan untuk makan malam biasanya dari jam 4 sore sudah mulai.

Biasanya mereka dibantu anak, keponakan dan menantu juga tetangga sekitar rumahnya. Serta ibu-ibu PKK setempat yang turut membantu.

Untuk pemilihan lauk dan sayurnya, semua kewenangan Nenek Wiwik dan Nenek Sawiyah.

“Resep aja gitu bisa masakin terus makan ramean bareng-bareng ngeriung pas makan siang sama malem. Pada kumpul dimari semua itu tentara-tentara yang pada kerja,” imbuhnya.

Baik Nenek Sawiyah maupun Nenek Wiwik tidak keberatan apalagi merasa lelah masak untuk puluhan personel Satgas TMMD. Bahkan, dengan rendah hati mereka mengakut takut masakannya kurang sesuai dengan selera para personel Satgas.

“Takut aja gitu pada kagak cocok, namanya juga masakan kampung. Tapi syukur sih sampe sekarang pada lahap makannya, enak katanya pada doyan, syukur dah,” tukas Nenek Wiwik diamini Nenek Sawiyah, dengan logat Betawinya.

Untuk diketahui, personel Satgas TMMD Reguler ke-104 Tahun 2019 di wilayah Kodim 0507/Bekasi yang berkesempatan merasakan lezatnya masakan Nenek Wiwik dan Nenek Sawiyah berasal dari Yonif Mekanis 202/Tajimalela, Denzipur-3/ATD, Koarmada I TNI AL dan Kepolisian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here