Kasdim Madiun Hadiri Rakor Stakeholder Pileg Dan Pilpres 2019

0

Madiun – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Madiun menggelar Rapat Kordinasi Stakeholder dalam rangka persiapan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019 dengan tema “Menjaga Netralitas Dan Integritas ASN, TNI, POLRI Dan Pejabat Negara Dalam Pemilu 2019”, di Ballroom Bima Hotel Aston Jl. Mayjend Sungkono No. 41 Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Sabtu (23/02/2019).

Ketua Bawaslu Kota Madiun Kokok Heru Purwoko, SH., MH., dalam sambutannya mengatakan, Bawaslu di beri tugas untuk mensosialisasikan terkait pengawasan partisipatif Pemilu 2019, selain stakeholder juga kepada masyarakat.

“Mengingat Personil Bawaslu terbatas maka diharapkan partisipatif dari bapak ibu semua dalam pengawasan Pemilu, dengan harapan jika ada pelanggaran segera mungkin bisa menyampaikan pada Bawaslu, semoga Pemilu 2019 dapat berjalan aman dan lancar,” tegasnya.

Lebih lanjut, Walikota Madiun H. Sugeng Rismiyanto, SH., M.Hum., dalam paparannya mengatakan, agar senantiasa waspada dalam setiap event – event, Pemilu penting dilaksanakan untuk kedaulatan tetap ditangan rakyat, artinya semua pengambil keputusan Pemilu ada di tangan rakyat.

“Diharapkan netralitas ASN, TNI dan POLRI dengan Harapan bersama netralitas jangan sampai menjadikan sesuatu yang bermuara di Mahkamah Konstitusi nantinya,” tambah Walikota.

“Dalam Perundang-undangan Pemilu didalamnya berazaz luber, bersih dan jujur, mengajak kontestan bermartabat mengikuti kaidah-kaidah kenyamanan masyarakat, kami berdoa mudah-mudahan ASN Kota Madiun tidak ada yang melanggar khususnya dalam Pemilu 2019,” katanya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto, S.Sos., yang diwakili Kasdim Mayor Arm Mulyadi menyampaikan dengan materi “Netralitas TNI”. Bahwa TNI netral secara fisik baik secara langsung maupun tidak langsung dan tidak memihak siapapun dan pihak manapun.

“TNI tidak berpolitik, Netralitas TNI harga mati. Sesuai dalam UU No. 33 Th. 2004 tugas TNI selain perang adalah siap membantu Polri dalam rangka mendukung dan mensukseskan Pemilu 2019, mudah-mudahan Pemilu 2019 berjalan aman dan lancar, damai, sejuk serta kondusif,” pungkas Kasdim. fer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here