AISINDO Gelar Press Conference & Pre-Event Gathering CIO Forum

0
Press Conference & Pre-Event Gathering CIO Forum oleh AISINDO bertempat di UnionSpace, Satrio Tower Kuningan (29/11/2018). Photo: Dok AISINDO

Jakarta, topikonline.co.id – AISINDO (Association For Information Systems Indonesia)akan menggelar perhelatan akbar tahun ini. Ajang CIO Forum yang akan di gelar pada tanggal 5 dan 6 Desember di Balai Kartini ini bertajuk IS Talent Hub To Industry & Startups.  Dalam konferensi pers di hadiri Bendahara Umum AISINDO yang juga Ketua Penyelenggara CIO Forum Abdul Ghofur, CEO TopKarir Bayu J. Wirjoatmodjo, Staf Ahli Menpora  Yuni Poerwanti serta General Manager UnionSpace  Rebecca Leppard yang bertempat di UnionSpace, Satrio Tower Kuningan (29/11/2018).

Menurut Abdul Ghofur, Association for Information Systems (AIS) merupakan asosiasi bagi individu dan organisasi yang memimpin penelitian, pengajaran, dan penerapan Sistem Informasi di seluruh dunia. AIS memiliki anggota dari lebih dari 90 negara, dari beberapa wilayah yaitu Benua Amerika, Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia dan Pasifik.

“Kami adalah asosiasi sistem informasi indonesia yang merupakan sebuah asosiasi global chapter Indonesia daripada Association for Information Systems (AIS) yang berfokus pada isu-isu terkait sistem informasi dan teknologi informasi,” ujar Abdul.

AISINDO berkeinginan agar kebutuhan akan SDM SI/TI di Indonesia bisa dipenuhi oleh para lulusan universitas di dalam negeri karena memang sekarang jamannya digital. Saat ini Indonesia krisis tenaga IT lebih dikarenakan adanya gap antara dunia kampu dan dunia kerja.

”Info lokal Indonesia saat ini fokus akan kebutuhan daripada SI/TI yang sangat tinggi. Karena seperti kita tahu bahwa empat Unicorn Asia Tenggara itu ada di Indonesia jadi kebutuhan SI/TI sangat tinggi dan keempat unicorn tersebut mencari tenaga SI/TI sampai keluar negeri. Padahal disisi lain jurusan SI/TI ada sekitar 800 jurusan diseluruh indonesia, jadi seharusnya kebutuhan itu dapat terpenuhi tapi ternyata secara kasat mata kita melihat ada gap. Nah di situlah kita mencoba untuk me-link and match-kan akademisi dan kebutuhan industri,” ujar Abdul.

Rencananya acara yang sudah berjalan selama empat tahun ini bertutut-turut ini akan dibuka melalui video taping oleh  Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara. Kemudian, akan dilanjutkan dengan Paparan Utama dari Menteri Ketenagakerjaan RI Hanif Dhakiri. Hadir juga Perwakilan Kamar Dagang Indonesia yang juga ikut menyambut acara ini. Forum ini memfasilitasi para pemimpin dan profesional berdikusi tentang tren dan terbaru dalam Sistem Informasi juga untuk menghubungkan akademisi dengan industri serta menyoroti masalah krisis talenta ahli SI-TI. [Adang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here