Kasad Dianugerahi Gelar Pangeran Wirabumi oleh Kesultanan Kutai Kertanegara

0

Kutai Kertanegara – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono dianugerahi gelar Pangeran Wirabumi oleh Kesultanan Kutai Kertanegara, sebelum penutupan TMMD ke-103, Muara Wis, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, Selasa (13/11/2018).

Mentri Pelestarian Tata Nilai Adat yang sekaligus juru bicara kesultanan Haji Aji Pangeran Haryo Kusuma Puger mengatakan, gelar ini diberikan kepada pejabat tertinggi di negara Republik Indonesia ini oleh kerabat Kesultanan yang seyogianya harus diberikan waktu acara di dalam istana.

“Namun karena ini sifatnya seremonial yang perlu kita hormati, maka kita dari kerabat Kesultanan mengadakan rapat dewan adat untuk memberikan suatu keputusan bahwa ini bisa dilakukan dengan mengikuti adat yang ada yang saat ini kita pegang,” ujarnya.

Selain itu, Yang Mulia Putra Mahkota Haji Aji Pangeran Adi Pati Prabu Anom Surya Adiningrat yang juga raja ke-21 Kesultanan Kutai Kertanegara setelah ayahandanya wafat, menyampaikan bahwa penghargaan kepada Kasad Jenderal TNI Mulyono merupakan bentuk hubungan yang erat antara Kesultanan dengan TNI AD yang terjalin melalui Kodim 0906/Tenggarong.

“Hari ini kami anugerahkan penghargaan dan penghormtan tertinggi kepada Kasad yang juga merupakan pucuk pimpinan tertinggi di TNI AD. Gelar nama Pangeran Wirabumi, berarti penguasa wilayah dan kekuasaan bumi ada disana,” tegasnya.

“Semoga pemegang gelar ini amanah bagi rakyat Indonesia pada umumnya, khususnya Kutai Kertanegara,” harap Haji Aji Pangeran Haryo Kusuma Puger.

Menurut juru bicara Kesultanan, makna dari gelar ini adalah penghormatan dan kesukaannya (kebahagiaannya) Sultan atas segala kerjasama dan perhatian serta kepedulian Dandim 0906/Tenggarong dan jajarannya terhadap warga masyarakat selama ini.

“Dengan gelar ini secara otomatis, Kasad menjadi bagian dari keluarga Kesultanan Kutai Kertanegara, beliau mempunyai komitmen dan kontribusi tinggi kepada kesultanan dan rakyat Kutai Kertanegara dengan program TMMD membantu masyarakat adat kami,” pungkasnya. ferry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here