Riol di Lokasi Bhakti TNI Batang Maksimal

0

BATANG – Target Riol TMMD Reguler 103 Batang progresnya 100 %. Sarana penunjang jalan sepanjang 1.359 meter yang diprogramkan 5 unit telah dirampungkan para Babinsa Kodim 0736 Batang dan warga sasaran program sejak TMMD masih dalam tahap karya Pra TMMD.

Perampungan roil atau lorong air tepatnya sehari sebelum upacara buka (14/10), volume 5 unit di sasaran ini adalah 3 unit lorong air/gorong-gorong plat beton sepanjang 3,5 meter dan lebar 1 meter dan 2 unit lagi panjang 6 meter kali lebar 3 meter. Kesemuanya di titik yang berbeda namun sepanjang akses tersebut. Penghubung Dusun Durenombo-Durensari-Desa/Kecamatan Pecalungan. Sarana utama sekaligus penunjang jalan, benar-benar dibutuhkan guna memperkuat kestabilan ruas serta mengawetkannya dengan pengairan yang maksimal.

Sasaran ini juga tidak luput dari pantauan Tim Pengawasan dan Evaluasi Staf Teritorial Kodam IV Diponegoro yang diketuai Letkol Inf. Mayor Artantyo, saat melaksanakan asistensinya ke Durenombo. Artantyo menilai beberapa aspek analisis kestabilan antara lain : analisa terhadap geser, daya dukung tanah dasar serta patah lantai jembatan akibat gaya atas yang akan diterima. Sedangkan kemiringan lantai drainase yang bersinggungan langsung dengan air juga tak luput pengamatan, ini demi menjamin kecepatan aliran air sungai tidak boleh melebihi 3.0 m/detik demi menghindari aliran balik di bawah jembatan/gorong-gorong.

Kualitas spesi juga dievaluasi, sesuai dengan desain yang direncanakan dari Dinas PU Batang sehingga dapat mengikat bahan konstruksi secara kuat. Artantyo juga tidak lupa menekankan dalam pemeliharaan riol kepada Kades setempat, H. Sireng, sebab nantinya karya TNI tersebut akan dikembalikan kepada masyarakat itu sendiri untuk dinikmati.

“Jaga kebersihan lingkungan sekitar tepi dinding dari rumput atau akar yang dapat merusak. Lindungi bahan utama yaitu batu kali dan beton (lantai dan lereng) dengan penambalan acian jika terkelupas.” tegasnya. Tampak Kasdim Batang, Mayor Inf. Raji, mendampingi asistensi. Selasa (23/10/18). (Aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here