Kantah Depok Optimis 80% Berkas PTSL Bisa Rampung Akhir September 2018

0
Kepala Kantor Pertanahan Kota Depok, Sutanto.

Depok – Tanggal 31 Agustus 2018 menjadi batas akhir penyerahan berkas program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang ditetapkan Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Depok.

Dari penetapan batas akhir tersebut, hingga pekan pertama September 2018 sebanyak 53% dari total 30.000 kuota bidang PTSL yang didapat sudah dinyatakan rampung untuk diterbitkan sertifikat.

“Kami terus bekerja keras untuk menyelesaikan seluruh berkas yang masuk sesuai kuota. In Syaa Allah hingga akhir September 2018 kami optimis penyelesaiannya bisa mencapai 75% hingga 80%,” kata Kepala Kantah Kota Depok, Sutanto, saat dihubungi topikonline.co.id melalui pesan singkat, Sabtu (8/9) malam.

Dilanjutkan Sutanto, saat ini penyelesaian berkas PTSL mayoritas sudah sampai ke tahap sinkronisasi antara pengumpulan data fisik (puldasik) dan pengumpulan data yuridis (puldadis)  PTSL yang diajukan.

Jika data puldasik dan puldadis sudah dinyatakan sinkron, “Berarti tinggal masuk ke proses sertifikasi karena berkas tergolong kluster 1 atau K1 karena sudah memenuhi syarat untuk diterbitkan sertifikat hak atas tanah,” jelas pria yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Kantah Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

BACA JUGA:

Untuk tahun 2018, Kantah Kota Depok menerima target kuota 30.000 bidang PTSL yang menyasar 19 kelurahan di tujuh kecamatan. Ke-19 kelurahan yang memeroleh kuota PTSL itu adalah Kelurahan Cinere, Tapos, Petir, Cinangka, Serua, Sukamaju Baru, Cilangkap, Gandul dan Kedaung.

Berikutnya lagi adalah Kelurahan Pondok Jaya, Cimpaeun, Pangkalan Jati, Pangkalan Jati Baru, Duren Seribu, Curug, Bojongsari, Bojongsari Baru, Grogol, dan Duren Mekar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here