Sejumlah BUMN Bantu Penanganan Bencana Alam Lombok

0

Jakarta – Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hadir menyatakan kesiapannya dalam membantu penanganan korban bencana alam di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BUMN tersebut adalah PT Pelni, PLN, Pertamina dan Garuda Indonesia.

“PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni menyiapkan KM Egon sebagai sarana transportasi mengirimkan bantuan dari Surabaya ke Lombok secara gratis,” kata Sutopo, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (07/08/2018).

KM Egon milik Pelni merupakan kapal roro yang dapat mengangkut mobil, alat berat dan penumpang.

Sedangkan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan mengecek kondisi aset kelistrikan dan secara bertahap memulihkan listrik di daerah yang mengalami pemadaman listrik.

Hingga Selasa siang, 25 persen sistem listrik di Lombok masih padam, sedangkan di Sumbawa dan Bima sudah normal.

Sementara PT Pertamina akan mengaktifkan satuan tugas bencana dan memberikan bantuan bahan bakar minyak, operasional mobil ambulans dan gas elpiji untuk dapur umum.

Pertamina juga menyiagakan langkah antisipasi kemungkinan pola distribusi bahan bakar minyak dengan metode alternatif dan darurat untuk memastikan penyaluran berjalan lancar.

Adapun Garuda Indonesia akan membuka tiga penerbangan tambahan menggunakan pesawat jenis Aisbus A330 seri 300, dari Bandara Internasional Lombok Praya ke Denpasar untuk mencegah penumpukan penumpang yang ingin meninggalkan wilayah Lombok

Garuda Indonesia juga memberikan potongan setengah harga untuk kargo pengiriman bantuan ke Lombok. (ferry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here